Sejarah ADPISI

cropped-logo-adpisi_20181-removebg-preview-2.png

Dosen dan para Pendidik atau Guru Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pendidikan nasional. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya mereka sangat memerlukan pembinaan, pengembangan dan perlindungan secara hukum. Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia (ADPISI), hadir sebagai wadah sekaligus mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas pembinaan, pengembangan dan perlindungan bagi para dosen Pendidikan Agama Islam, serta peningkatan kualitas pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum. ADPISI didirikan pada tanggal 02 Mei 2005, bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional. Dan baru terdaftarkan di Notaris pada tanggal 2 April 2006.

Struktur Pengurus

Struktur Pengurus DPP-DPW 2

Profil Ketua

91aebf43a8a1503f754733a51a2f2c1e

Aam Abdussalam, lahir di Tasikmalaya pada 2 April 1957. Berasal dari keluarga pesantren yang kuat, beliau menghabiskan pendidikan tingkat sarjana pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung. Gelar doktoralnya didapat dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati pada Prodi Pendidikan Islam. 

Terpilih sebagai Ketua DPP ADPISI pada Kongres ADPISI 2017 di Lembang, selain itu turut membidangi lahirnya Asosiasi Prodi Pendidikan Keagamaan Islam (APPKI).

Profil Sekjen

Andy Hadiyanto, adalah pria kelahiran Surabaya yang menyukai wayang kulit dan berbagai kesenian Jawa. Mmengenyam pendidikan di LIPIA,  prodi Bahasa Arab UNJ,  dan menyelesaikan S3 kajian Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2010. Saat ini ia menjadi PNS di Universitas Negeri Jakarta dan selain aktif di ADPISI, juga aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan dan keagamaan seperti  Ikatan Pengajar Bahasa Arab (IMLA), Ikatan Sarjana NU (ISNU), Pengurus Pusat MUI,  dan lain sebagainya. 

WhatsApp Image 2021-01-22 at 15.18.32

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadikan ADPISI sebagai mitra terdepan pemerintah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Misi

  1. Meningkatkan kualitas manajemen, kurikulum, proses, dan hasil Pendidikan Agama Islam di Indonesia
  2. Melakukan pembinaan dan pengembangan profesi dosen Pendidikan Agama Islam
  3. Memberikan perlindungan pada dosen Pendidikan Agama Islam
  4. Memberikan layanan pada masyarakat dalam emningkatkan kualitas pendidikan agama islam dan kehidupan beragama, baik melalui pendidikan formal maupun non formal

Tujuan

  1. Mewujudkan cita-cita proklamasi, mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan kesejahteraan dan ikut menjaga perdamaian dunia melalui penguasaan, pengembangan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya
  2. Membina dan menumbuhkembangkan kemampuan profesional dan karir Dosen PAI
  3. Meningkatkan kesejahteraan anggota dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi anggota dalam melaksanakan tugas
  4. Berperan serta mengembangkan sistem pelaksanaan PAI pada PTU
  5. Mempertinggi kesadaran dan sikap Dosen PAI, meningkatkan mutu dan kemampuan profesi Dosen PAI